Penyebab dan Gejala Melanoma

Melanoma adalah tumor ganas yang sebagian besar ditemukan di kulit tetapi dapat ditemukan di tempat lain, terutama mata. Sebagian besar melanoma berasal dari kulit. Melanoma adalah bentuk kanker kulit yang paling mematikan. Seperti kebanyakan bentuk kanker, deteksi dini memberi pasien peluang hidup yang lebih baik.

Studi epidemiologis dari Australia menunjukkan bahwa paparan radiasi ultraviolet adalah salah satu kontributor utama perkembangan melanoma. Terkena paparan sinar matahari ekstrem yang mengakibatkan kulit terbakar berhubungan dengan melanoma. Mereka yang memiliki paparan jangka panjang yang lebih kronis (pekerja luar) dapat mengembangkan mekanisme perlindungan. 


Melanoma paling sering terjadi pada punggung pada pria dan pada kaki pada wanita (area terpapar sinar matahari intermiten) dan lebih umum pada pekerja indoor daripada pekerja outdoor (dalam studi di Inggris). Faktor lainnya adalah mutasi atau hilangnya gen penekan tumor secara total. Penggunaan sunbeds dengan sinar UVA yang tajam telah dikaitkan dengan perkembangan kanker kulit, termasuk melanoma.

Elemen penting yang mungkin dalam menentukan risiko meliputi intensitas dan durasi paparan sinar matahari, usia di mana paparan sinar matahari terjadi, dan tingkat pigmentasi kulit. Paparan selama masa kanak-kanak adalah faktor risiko yang lebih penting daripada paparan di masa dewasa. 

Ini terlihat dalam studi migrasi di Australia di mana orang cenderung mempertahankan profil risiko negara kelahiran mereka jika mereka bermigrasi ke Australia saat dewasa. Orang dengan lepuh atau mengelupas kulit terbakar terutama dalam dua puluh tahun pertama kehidupan memiliki risiko yang lebih besar untuk melanoma.

Orang yang adil dan berkepala merah memiliki risiko lebih besar untuk mengalami melanoma. Seseorang dengan nevi atipikal ganda atau nevi displastik berada pada risiko yang signifikan. Orang yang lahir dengan naevi bawaan raksasa berisiko lebih tinggi.

Riwayat keluarga melanoma sangat meningkatkan risiko seseorang. 'Keluarga melanoma' tertentu menunjukkan ciri-ciri gen yang menyebabkan kanker mendelian. Sangat penting bahwa individu dengan anggota keluarga yang telah didiagnosis dengan melanoma diperiksa secara teratur untuk kanker kulit. Pasien dengan riwayat satu melanoma berisiko lebih tinggi terkena tumor primer kedua.


Apakah Anda curiga mungkin menderita Melanoma?

Setiap tahi lalat yang warnanya tidak beraturan atau bentuknya harus diperiksa oleh dokter untuk menentukan apakah itu melanoma ganas, bentuk kanker kulit yang paling serius dan mengancam jiwa. Setelah pemeriksaan visual dan pemeriksaan dermatoskopik (instrumen yang menerangi tahi lalat, mengungkapkan pigmen yang mendasarinya dan struktur jaringan pembuluh darah), dokter dapat melakukan biopsi pada tahi lalat yang mencurigakan. Jika ganas, tahi lalat dan area di sekitarnya perlu dilakukan eksisi oleh ahli bedah atau dokter kulit.

Diagnosis melanoma membutuhkan pengalaman, karena tahap awal mungkin terlihat identik dengan tahi lalat yang tidak berbahaya atau tidak memiliki warna sama sekali. Jika ada keraguan, pasien akan dirujuk ke dokter spesialis kulit.

Cara Mencegah Melanoma

  • Minimalkan paparan sumber radiasi ultraviolet (matahari dan sunbeds).
  • Mengenakan kemeja lengan panjang, celana panjang, dan topi lebar menawarkan perlindungan terbaik.
  • Gunakan tabir surya dengan peringkat SPF 30 atau lebih baik di area yang terbuka.
Penafian - Informasi yang disajikan di sini tidak boleh ditafsirkan sebagai nasihat medis. Jika Anda mencurigai Anda memiliki Melanoma, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda sedini mungkin untuk pilihan diagnosis dan perawatan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Penyebab dan Gejala Melanoma"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel